Sabtu, 07 Mei 2011

Proses pembentukan opini publik

PROSES PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK
PADA KASUS MALINDA DEE “CITIBANK”

            Inong Malinda atau sering disebut Malinda Dee adalah seorang Account Officer (AO) di Bank Asing yaitu CitiBank cabang LandMark.  Dia bekerja sudah sekitar 15 tahun dank arena prestasinya Malinda Dee diangkat menjadi Senior Relations Manager CitiGold.  Malinda Dee khusus menangani nasabah yang memiliki deposito diatas Rp 500.000.000,00.
            Malinda Dee dikenal sebagai orang yang baik, murah senyum, dan berbicara sopan.  Namun karena sesuatu hal Malinda dengan sengaja melakukan pencucian uang dengan cara pengaburan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap slip transfer para nasabahnya.
            Dengan adanya kejadian tersebut, maka persepsi masyarakat pun timbul dengan Bank Asing tersebut.  Misalnya tidak ada lagi kepercayaan dalam hal penyimpanan tabungan pada CitiBank, CitiBank tidak menjamin keamanan akan tabungan para nasabahnya, dan masyarakat mungkin akan demo ke CitiBank agar Bank tersebut ditutup.
            Dengan persepsi tersebut, pihak CitiBank melakukan klarifikasi kepada masyarakat/nasabah bahwa kejadian tersebut hanya terjadi di satu tempat dan pihak CitiBank juga berjanji akan mengganti kerugian nasabah yang telah dirugikan dan akan menjamin perlindungan bagi nasabahnya.  Dan pihak CitiBank juga telah menghubungi seluruh nasabah yang mungkin terkena dampak buruk.
            CitiBank mungkin akan mengubah system manajemennya dan setiap hari akan dilakukan pengecekan, sehingga tidak ada lagi kecurangan dalam menangani uang nasabah.
            Mudah-mudahan masyarakat bisa menerima penjelasan dari pihak CitiBank dan masyarakat/nasabah tetap mempercayakan tabungannya kepada CitiBank.